pertanyaan interview
KNOWLEDGE

Pertanyaan Interview Menjebak dan Jawabannya

Kali ini saya akan mengulas tentang pertanyaan interview dan jawabannya untuk pemula atau fresh graduate. Interview adalah tahapan paling penting dalam sebuah proses penerimaan calon karyawan dalam proses rekuitment.

Maka dari itu sebagai calon karyawan yang akan mengikuti proses rekruitment, pelamar haruslah menyiapkan secara matang tentang interview. Adapun proses interview ini bberisi tanya jawab. Pertanyaan dari pihak HRD dan jawaban dari si pelamar kerja. Tujuannya adalah menggali informasi pelamar kerja. Pada akhirnya digunakan untuk menentukan apakah pelamar tersebut layak untuk diterima sebagai karyawan atau tidak.

Dari proses interview pun HRD dapat melihat komunikasi pelamar kerja apakah pada saat interview berlangsung komunikasi si pelamar aktif atau pasif ketika menjawab pertanyaan interview yang di berikan oleh pihak perusahaan atau HRD.

Yang perlu dipersiapkan oleh pelamar kerja, khususnya yang fresh graduate mapun kuliah yaitu harus mengetahui pertanyaan yang sering muncul dalam proses wawancara. Karena setiap pertanyaan dalam wawancara kerja itu sudah disusun sebelumnya oleh HRD. Artinya mereka sudah menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan di berikan kepada pelamar kerja.

Sebagai calon karyawan yang baik, kita juga harus memppersiapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sekiranya akan muncul. Jadi pada saat menuju tempat interview kita sudah siap dan yakin dengan segala kemungkinan pertanyaan yang akan muncul nanti. Tidak hanya bermodalkan keyakinan saja dan percaya diri namun tanpa persiapan.

1. Pertanyaan Wawancara / Interview Untuk Pemula

Untuk anda yang baru lulus sebagai bahan persiapan, di sini akan dirincikan beberapa contoh pertanyaan wawancara atau interview kerja. Lengkap beserta jawabannya dan materi mengenai tujuan dari masing-masing pertanyaan yang diberikan.

Dalam rangkaian pertanyaan interview tidak jarang juga terselip pertanyaan jebakan yang sangat wajib berhati-hati dalam mencerna dan menjawabnya. Terlebih bagi seorang pemula atau fresh graduate. Salah menjawab satu pertanyaan jebakan itu, bisa jadi membuat anda gagal dalam melewati proses interview ini.

Hal yang pertama dilakukan oleh HRD ialah menanyakan tentang nama dan data identitas lainnya. Dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, interviewer/pewawancara ingin memastikan bahwa data kamu itu valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Beberapa pertanyaan yang diajukan masih terbilang ringan. Terkadang juga pewawancara mengajukan pertanyaan pembuka dengan santai. Saking santainya, si pelamar kerja sampai tidak sadar bahwa pertanyaan ringan tersebut sebenarnya bagian dari susunan pertanyaan interview. Hal tersebut akan menjadi salah satu sumber penilaian. Jadi tetap persiapkan segala kemungkinan yang akan muncul, sesimpel apapun.

1.1. Pertanyaan Interview Kerja Berserta Jawabannya

Berikut contoh pertanyaan wawancaara yang biasa ditanyakan antara lain:

Apakah betul nama anda…?

Bertempat tinggal dimana?

Perjalanan kesini naik kendaraan apa?

Apakah anda sudah tau jabatan atau posisi apa yang anda tuju?

Menurut anda apakah anda pasti akan diterima disini?

Apa anda sudah merasa sudah sesuai dengan syarat kualifikasi posisi yang dilamar?

Mengapa anda memilihi posisi ini?

Menghadapi pertanyaan – pertanyaan di atas, yang terpenting yaitu sikap. Jawab semua pertanyaan dengan semangat dan antusias. Jangan bertele-tele, jawab dengan singkat, jelas dan mudah di mengerti. Jangan lupa untuk menampilkan ekspresi yang ramah.

Anda Datang ke perusahaan ini pergi sendiri atau diantar oleh orang lain?

Pertanyaan menjebak di atas bertujuan untuk mengerahui seberapa mandiri anda. Maka dari itu jawablah dengan menunjukkan bahwa anda memang orang yang mandiri. Hindari jawaban “diantar orang tua/kakak” ataupun lainnya. Sekalipun memang benar diantar, berikanlah alasan yang masuk akal. Jawaban yang tepat saat interview bagi pemula ialah seperti dibawah ini:

Baca Juga:  Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Contoh : “Saya diantar ayah saya, karena masih belum tau jalan di area sini. Jadi untuk menghindari telat datang, maka dari itu saya minta bantuan ayah saya untuk mengantarkan saya.”

Apakah sulit untuk menemukan perusahaan kami?

Jawaban : “Tidak begitu sulit, pak/bu. Karena sebelumnya saya sudah survei tempat dimana saya akan interview terlebih dahulu.”

Pertanyaan di atas bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian dan seberapa jauh persiapan si pelamar kerja. Apabila ditanya hal seperti itu, pastikan untuk menghindari jawaban “sulit/susah.” Logikanya apabila anda melakukan persiapan, pasti sudah melakukan survei lokasi perusahaan tempat dimana anda akan melakukan interview.

1.2. Pertanyaan Interview Kerja Berserta Jawabannya

Silahkan Anda Ceritakan Tentang Diri Anda.

Jawaban : “Perkenalkan nama saya sifa fauziah, lulusan STIE Gici Business School jurusan Management Business. Saya berpengalaman selama 1 tahun setengah sebagai Admin Expert di Matahati Consulting. Saya adalah orang yang terbiasa akan presure tinggi, bertanggung jawab, jujur, mampu bekerja dalam tim, mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja dan pekerja keras.”

Hal ini di pertanyakan bertujuan untuk melihat seberapa siap sang pelamar dalam menghadapi inter view. Pertanyaan ini termasuk pertanyaan jebakan. Hindari bercerita tentang keluarga. Fokuskan jawaban pada keahlian dan kecocokan kualifikasimu untuk bekerja di posisi yang dilamar.

2. Pernyataan Interview Latar Belakang Pribadi

Selanjutnya Pertanyaan interview bagi fresh graduate yaitu perihal latar belakang pribadi. Biasanya mempertanyakan tentang saudara, pekerjaan orang tua, sudah menikah atau belum, kegiatan apa saja setelah lulus sekolah/kuliah dan sebagainya. Hal tersebut pun tidak luput dari penilaian.

Bisa ceritakan sedikit tentang saudara anda?

Apakah anda sudah menikah atau belum?

Anda anak ke berapa dari berapa bersaudara?

Apakah ada rencana menikah dalam waktu dekat?

Apakah anda sedang kuliah?

Apa kelemahan dan kelebihan anda?

Jawablah pertanyaan di atas sesuai dengan fakta yang ada, jangan berbohong. Jawab dengan singkat dan jelas. Jangan terpancing dengan pertanyaan ini, dan yang paling penting hindari bicara terlalu lama (curhat). Ketika menjelaskan kekurangan atau kelemahan anda jangan lupa untuk memberikan pula solusi atas kelemahan anda. Contoh : kelemahan saya adalah sering lupa, karna saya sering lupa maka saya sering mencatat untuk menghindari lupa.

Baca Juga:  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

3. Pertanyaan Interview Latar Belakang Pendidikan

Pertanyaan mengenai pendidikan untuk memastikan ahwa pendidikanmu cocok dengan kualifikasi yang ditentukan. Pertanyaan yang sering muncul ialah:

Apakah benar anda lulusan Universitas/SMA/SMK…?

Mengapa anda memilih jurusan itu?

Pertanyaan di atas bertujuan untuk memeriksa kepercayaan diri pelamar akan keputusan yang telah ia buat.

Anda harus menjawab pertanyaan tersebut dengan perasaan yakin bahwa pilihan jurusan anda ialah yang terbaik. Jika merasa salah jurusan, hindari mengeluh, merasa bersalah atau jawaban menyesal. Apabila anda menjawab tanpa yakin dan bangga, HRD bisa meragukan anda saat anda memutuskan untuk bersedia bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Gunakan selalu kalimat yang positif.

Jawaban pertanyaan perihal pilihan jurusan:

#Jika merasa jurusanmu benar

“Benar pak/Ibu, saya sarjana ekonomi di Universitas Abc. Saya mengambil jurusan ekonomi karena menurut saya ekonomi salah satu ilmu yang penting untuk dikuasai dan dapat diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari dan dipekerjaan.”

#Jika merasa salah jurusan

“Memang benar pak/ibu saya lulusan sastra di Universitas DEF. Meskipun tidak sejalan dengan passion saya, saya suka belajar sastra, memperkaya dan menambah kemampuan bahasa saya secara pribadi lebih mendalam.”

4. Pertanyaan Seputar Informasi Perusahaan

Sejauh mana anda mengetahu tentang perusahaan ini?

Seorang calon karyawan wajib mengetahui perusahaan yang di tiji. Biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan.

Dalam menjawab pertanyaan ini yaitu, pastikan fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dituju atau lamar. Jangan membandingkan dengan perusahaan sebelumnya. Tunjukan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat anda tertarik untuk bergabung. Hal ini membuat anda tertarik untuk bergabung. Hal ini dapat membuat perusahaan menjadi semakin tertarik untuk memilih anda sebagai karyawan.

Mengapa tertarik bergabung ke perusahaan ini?

Beberapa orang akan menjawab suasana kerja yang nyaman dan gaji yang tinggi. Jangan terkecoh pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Maka dari itu pastikan jawaban yang dierikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketiddaknyamanan diperusahaan sebelumnya. Perusahaan baru akan menilai anda adalah orang yang tidak mau bekerja keras.

Seharusnya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan positif. Contohnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Atau lebih karena posisi yang di tuju sesuai dengan baground pendidikan. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.

Berikan gambaran tentang pekerjaan yang dilamar…

Penting untuk mengetahui posisi yang dilamar. Karena hal tersebut berkaitan dengan tugas di perusahan tersebut dikemudian hari. Perusahaan pasti tidak memperkerjakan orang yang tidak mengerti tentang tugasnya. Hal tersebut berati butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Maka dari itu, pastikan sudah mencari informasi terlebih dahulu apa yang sekiranya akan menjadi tanggung jawab. Dengan jawaban yang tepat, maka perusahaan akan merasa bahwa anda adalah orang yang tepat.

Baca Juga:  Contoh Surat Pernyataan Beserta Kegunaannya

5. Pertanyaan Interview Seputar Perusahaan

Mengapa berhenti dari perusahaan lama?

Hal ini salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban yang tepat, perusahaan dapat menilai karakter dari orientasi anda. Biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat degan karakter dan orientasinya.

Hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu yang profesional. Pastikan bukan karena konflik. Fokus pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai passion atau minat dan bakat.

Berapa gaji yang diinginkan?

Pertanyaan seperti diatas memang cukup rumit untuk dijawab. Karena bisa jadi di posisi yang sama gaji yang di minta akan berbeda. Sehingga biasanya menentukan nominal gaji membutuhkan pemikiran lebih. Maka dari itu ketahui dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan. Jelaskan keinginan sesuai ekspetasi anda, namun pastikan masih dalam standar perusahaan. Sehingga anda dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang di terapkan perusahaan.

Apabila diterima, berapa lama anda akan bertahan diperusahaan kami?

Jika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini jangan lah menjawab satu atau dua tahun, namun jawablah selama mungkin selama perusahaan masih mempertahankan anda diperusahaan tersebut.

Apakah anda pernah terlibat konflik di pekerjaan lama? dan bagaimana anda menyikapinya?

Apakah anda lebih senang kerja sendiri atau tim?

Apakah anda bersedia mengikuti aturan yang ada diperusahaan?

Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan kami?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan diatas sebaik mungkin dengan singkat padat dan jelas. Jelaskan sesuai apa yang anda alami dan bisa anda lakukan. Pertanyaan diatas untuk melihat seberapa besar minat kerja anda diperusahaan yang anda lamar.

Sebagai calon karyawan yang baik, anda harus mengetahui semua tentang perusahaan yang akan dilamar. Hal ini sangatlah penting. Peserta yang dapat mengetahui detail informasi seputar perusahaan akan mendapat nilai plus.

6. Penutup

Sebelum berangkat menjalani proses interview, sempatkan untuk mencari tahu tentang informasi umum perusahaan, bidang usahanya sejarah perusahaan, dan uraian pekerjaan/jobdesc posisi yang akan kamu lamar itu seperti apa. Sehingga ketika ditanya seputar perusahaan anda dapat menjawabnya dengan baik.

Mengetahui daftar pertanyaan interview dan jawabannya bagi fresh graduate / pemula, anda dapat melakukan persiapan lebih matang. Tidak lagi mengawang-awang dalam memberikan jawaban.

Anda akan lebih percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Dengan begitu pihak HRD yang mewawancarai juga akan memberikan nilai lebih. Karena bberfikir anda adalah orang yang sangat prepare dan tidak asal-asalan serius dalam bekerja.

Rincian pertanyaan di atas hanyalah sebagai contoh dan gambaran saja. Pada aktual nya di lapangan mungkin tidak akan selalu formatnya terstruktur dan detail seperti itu. Ada HRD yang mungkin hanya bermodal pertanyaan pembuka dan pendidikan sudah bisa menentukan seorang pelamar layak atau tidaknya untuk diterima. Bisa juga karena dipengaruhi oleh satu pertanyaan jebakan yang dijawab dengan baik oleh pelamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *