penulisan skripsi
KNOWLEDGE

Pedoman Penulisan Skripsi yang Baik dan Benar

Pedoman Penulisan Skripsi yang baik dan Benar – Banyak sekali dicari oleh para mahasiswa smester akhir, sebelum dimulai saya ingin memberikan saran kepada para calon sarjana yang akan menghadapi sidang,

1. Umum dan Administratif

1.1. Persiapan Mahasiswa

Tentu sangatlah sulit mencari pedoman penulisan skripsi yang baik dan benar namun bagi yang sudah bekerja, sebaiknya tidak menggunakan fasilitas waktu lembur, dan jika perusahaan mengijinkan sebaiknya tidak melakukan perjalanan jauh selama penulisan skripsi.

Kegiatan-kegiatan yang sifatnya sekunder dan tersier dihindarkan terlebih dahulu; seperti : hobby dan kegiatan yang menyita waktu banyak tapi masih bisa ditinggalkan, hobby adventure (berpetualang), camping, mendaki gunung, olahraga berat, dan sebagainya ketika penulisan skripsi berlangsung.

Mulai mengumpulkan bahan-bahan atau materi skripsi, seperti textbook yang berkaitan dengan topik yang akan diambil; Jurnal ilmiah, situs-situs atau artikel online, majalah ilmiah, skripsi dengan topik sejenis dan sebagainya, dan biasakan berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengasah dan mempertajam ide dalam penulisan skripsi.

1.2. Sistematika Penulisan Proposal Skripsi

Judul Proposal Skripsi
Daftar Isi
I. Pendahuluan, yang terdiri dari :
-Latar Belakang
-Perumusan Masalah
-Tujuan dan Manfaat Penelitian
-Hipotesis (jika ada)
-Metodologi Penelitian
-Sistematika Penelitian
-Sistematika Pembahasan

II. Landasan Teori (Sementara)
Lampiran I : Jadwal Penelitian
Lampiran II : Daftar Pustaka (Sementara)

2. Format Penulisan Skripsi

2.1. Ketentuan Umum Penulisan Skripsi (1)

  • Skripsi harus ditulis dengan menggunakan komputer dan dicetak dengan printer di atas kertas HVS ukuran Kuarto 80 gram (tergantung ketentuan kampus masing-masing)
  • Sangat disarankan agar lembar asli dicetak dengan menggunakan LaserJet Printer atau DeskJet Printer, sedangkan fotocopy nya dapat dicetak dengan menggunakan mesin foto copy, asalkan bersih dan jelas.
  • Hanya dicetak di halaman muka kertas, tidak boleh bolak-balik.
  • Margin penulisan skripsi, Margin kiri berukuran 4 cm, sedangkan margin kanan, atas dan bawah berukuran 2,5 cm dan untuk setiap BAB margin atas turun 10 cm. Penulisan Kata Pengantar dan Daftar Pustaka margin atas nya berukuran 2,5 cm.
  • Ketikan pada isi harus berspasi ganda (paragraph:double).Secara umum menggunakan huruf tegak, kecuali untuk istilah asing, harus menggunakan huruf Italic (miring).
  • Huruf tebal digunakan untuk menegaskan istilah tertentu, untuk menulis judul skripsi, judul bab dan subbab.
  • Huruf yang digunakan harus jenis Times New Roman Dengan Font : berukuran 12 kecuali untuk judul skripsi pada cover dan lembar pengesahan serta abstrak (halaman i s/d vii) menggunakan Font 14, dan judul di samping sampul menggunakan Font 9.
Baca Juga:  Motivasi Intrinsik - Contoh Indikator dan Pengertiannya

2.2. Ketentuan Umum Penulisan Skripsi (2)

  • Pemberian nomor halaman adalah sebagai berikut:Halaman judul dalam, tanda persetujuan skripsi, abstrak, kata pengantar, daftar isi, ditulis dengan angka romawi kecil seperti i,ii,iii,iv, … dst.
  • Halaman isi skripsi yang dimulai dari BAB I sampai dengan halaman terakhir BAB V ditulis dengan menggunakan angka latin, 1,2,3, … dst. Nomor halaman ditulis pada sudut kanan bawah, kecuali pada halman judul bab di tuils pada sebelah kanan atas. Halaman daftar pustaka, surat keterangan penelitian, dan daftar riwayat hidup tidak perlu diberi nomor halaman.

2.3. Penulisan Judul Skripsi yang Benar

Judul harus berukuran 24 pt, Times New Roman, rata tengah. Setiap huruf pertama pada setiap kata pada judul diketik dalam huruf besar kecuali kata-kata penghubung seperti “di”, “dan”, “atau”, “dengan”, “ke”, “yang”, “untuk”, “dari, “jika”, atau “dari”.

  • Pemberian nomor, penulisan judul bab, subbab, dan sub subbab dalam penulisan skripsi adalah sebagai berikut:
  • Penomoran dan penulisan Judul Bab, subbab dan subb-subbab ditulis dengan menggunakan tinta tebal. Penomoran subbab dan sub-subbab dengan menggunakan angka latin. Misalkan:
  • Bab I, II, III, … dst
  • Subbab 1.1., 1.2, 1.3, dst.
  • Sub subbab 1.1.1., 1.1.2, 1.1.3 … dst.
  • Penulisan judul Bab dengan menggunakan huruf besar (capital)
  • Penulisan judul Subbab dan Sub-subbab dengan menggunakan huruf besar hanya pada tiap awal kata.
  • Penulisan setiap judul baru selalu ditulis dengan jarak spasi 10cm dari batas atas.

Baca juga : Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

2.4. Standar Minimum Mutu Penulisan Skripsi

Standar Minimum Mutu Skripsi

3. Sistematika Penulisan Skripsi

BAGIAN AWAL
-Halaman judul luar
-Halaman judul dalam
-Surat persetujuan pembimbing skripsi
-Surat Pengesahan Dosen Penguji Skripsi
-Surat pernyataan keaslian skripsi dan bebas plagiarisme
-Abstract
-Kata Pengantar
-Daftar Isi
-Daftar Tabel
-Daftar Lampiran

Baca Juga:  Budaya Organisasi dan Apa Saja Indikatornya

BAGIAN ISI
BAGIAN AKHIR
-Daftar Pustaka
-Lampiran-lampiran
-Surat Keterangan penelitian
-Daftar Riwayat Hidup Peneliti

3.1. Bahan Paduan Penulisan Skripsi

Bahan-bahan referensi tersebut dapat berupa text books, majalah-majalah ilmiah, jurnal ilmiah, hasil penelitian orang lain, dan bahan bacaan ilmiah lain yang akan dapat dijadikan acuan dalam menganalisis suatu masalah. Agar bahan referensi yang dijadikan acuan cukup memadai dan tidak (terlalu) ketinggalan, maka mahasiswa diharuskan untuk mengambil paling tidak sebanyak (minimal):

  • 8 (delapan) text books dengan usia penerbitan tidak lebih dari 6 (enam) tahun untuk penerbitan lokal, kecuali bidang eksakta dan statistik;
  • 2 (dua) text books untuk penerbitan internasional,
  • 2 (dua) jurnal dengan usia penerbitan tidak lebih dari 4 (empat) tahun.

Penulisan Daftar Pustaka dan Kutipan berpedoman pada the American Psychological Association (APPA Style) yang di tulis oleh Diana Hacker dalam bukunya A Writer’s Reference – Second Edition.

4. Penulisan Abstract Skripsi

Tulisan abstract dalam bahasa inggris dan intisari dalam bahasa Indonesia, masing-masing sekitar 160-250 kata.

  • Alenia I berisi tentang ringkasan latar belakang seperti pada Bab I.
  • Alenia II berisi tentang ringkasan metodologi penelitian yang digunakan seperti pada Bab III.
  • Alenia III berisi tentang ringkasan hasil penelitian seperti pada bab IV dan V dengan menampilkan hasil uji F, Uji t dan juga kesimpulan.
  • Kata kunci adalah variabel yang di teliti.

5. Penulisan Daftar Pustaka Skripsi

  • Tulis semua buku dan bahan-bahan lain yang dijadikan referensi berdasarkan urutan abjad nama keluarga (last name) pengarangnya.
  • Jika tidak terdapat nama pengarangnya, maka huruf awal judul referensi (selain a, an, atau the) yang dipakai berdasarkan urutan abjadnya.
  • Masukkan semua nama pengarang dan tidak menggunakan “et al.”. Nama pertama (first name) dan nama tengah (mid name) pengarang harus disingkat: misalnya, Glenn A. Welsch -> ditulis Welsch, G. A. (bagi yang tidak diperbolehkan menggunakan et al).
  • Letakkan tahun penerbitan di dalam kurung setelah nama pengarang yang terakhir.
  • Garis miring untuk judul dan sub judul buku (referensi), dan gunakan huruf besar hanya pada huruf pertama dari judul dan sub judul.
  • Jangan menggunakan tanda kutipan (“…”) pada judul dan sub judul.
  • Apabila buku yang digunakan adalah buku terjemaah, maka selain nama pengarangnya yang asli masukan pula kata-kata… Diterjemahkan oleh …, atau … Alih bahasa oleh …, baru kemudian tahun pernerbitan buku terjemahan tsb.
  • Apabila Periodicals, Jurnal, Majalah Ilmiah, dan Reviews, yang dijadikan referensi, maka judul dan sub judul tidak diberi garis bawah, tetapi nama Periodicals, Jurnal, majalah ilmiah, dan Reviews beserta nomor edisinya yang diberi garis bawah.
  • Gunakan “p” atau “pp”. singkatan page atau pages, untuk kutipan bahasa asing, atau “h” untuk kutipan bahasa Indonesia, sebelum nomor halaman referensi yang digunakan, sepanjang sigkatan tersebut sudah popular dan dikenal umum.
  • Jangan meng-indent baris pertama dari referensi, tetapi meng-indent 3 (tiga) huruf untuk baris dan berikutnya.
Baca Juga:  Kompensasi itu apa? dan Apa Saja Indikatornya

5.1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Jika 2 penulis, penulis pertama tulis nama belakang lalu nama depan (disingkat), penulis kedua nama depan (singkat) baru nama belakang.
Nama aslinya (Thamrin Abdullah dan Francis Tantri) contoh :
Abdullah, T., & F. Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Cetakan Keempat. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Untuk penulis yang sama persis dengan buku yang berbeda, cukup garis:
________(2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob. S). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Contoh penulisan rujukan yang tidak di publikasikan:
Putra,. F. (2010). Brand Awareness “Avolution” dan Keputusan Membeli (studi Korelasional Pengaruh Brand Awareness Sampoerna “Avolution” Terhadap Keputusan Membeli Masyarakat di Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan) Skripsi. Universitas Sumatara Utara. Tidak Dipublikasikan.

Penulisan et al Dalam Skripsi:
Situmorang, S.H., et al (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.

6. Kesimpulan

Pedoman Penulisan Skripsi ini dibuat untuk membantu para mahasiswa yang bingung bagaimana cara menulis skripsi yang baik dan benar, semoga dengan adanya artikel Pedoman Penulisan Skripsi ini dapat membantu para mahasiswa semester akhir yang sedang dalam penyusunan skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *