Pengalaman Operasi FAM
HEALTH

Pengalaman Operasi FAM di RS Ridhoka Salma

Hi.. sahabat blogger udah lama banget hampir 1 tahun lebih ga ngeblog eh pas ngeblog lagi tau-tau operasi, disini saya akan menceritakan Pengalaman Operasi Fibroadenoma (FAM) pada blog ini.

1. Penjelasan Tentang FAM

Fam adalah tumor payudara yang sifatnya jinak dan bukan kanker atau tidak seperti kanker. Fibroadenoma hanya tumbuh pada jaringan payudara dan membesar secara lambat. Fam sama sekali tidak menyebabkan nyeri. Fam berukuran cukup kecil, biasanya hanya 2 atau 3 cm dan jarang berukuran lebih besar dari 5cm. Tumor jinak ini atau benjolannya terasa seperti kelereng yang dapat digerakkan (mobile) di bawah kulit. Jika diraba teksturnya bbersifat kenyal dan halus. Namun ada beberapa kasus, tumor ini tidak dapat diraba sama sekali.

Operasi Fam adalah suatu tindakan bedah pengambilan benjolan yang ada di dalam payudara yang mana tujuannya untuk mengobati penyakit atau luka dengan operasi manual dan instrumen.

2. Pengalaman Operasi Fam

Pada saat saya mau mandi saya merasakan payudara saya sakit, lalu ketika mandi saya mencoba untuk memeriksa payudara saya sendiri (SADARI) saya merasakan ada benjolan di payudara sebelah kanan saya, entah sejak kapan saya memiliki benjolan tersebut. Saya langsung memeriksakan diri saya ke dokter penyakit dalam dirumah sakit terdekat.

2.1. Konsultasi Dokter

Saya : ” Dok dipayudara saya ada benjolan “

Dokter : ” Sudah nikah belum mba?”

Saya : ” Wah belom dok, saya masih kuliah belum menikah”

Dokter : ” Sudah ada calonnya belum? (sambil dia menyuruh saya membuka baju dan bra saya dan memeriksanya)”

Saya : ” Sudah dok cuman belum berpikir untuk menikah, ini gimana dok soal benjolan saya?”

Dokter : ” ini ada peradangan dalam payudara namanya FAM disebabkan oleh hormon estrogen yang tidak seimbang, sehingga menimbulkan benjolan, untuk sementara mba minum obat dulu kalau benjolan nya tetap tidak hilang, mba harus melakukan mamografi atau USG payudara, kalau sudah jelas dilanjut konsultasi ke Spesialist Bedah untuk operasi fam”

Saya : “Serius dok? apa ga ada cara lain dok selain operasi? ya ampun dok saya belum siap buat operasi fam.” (sambil merapihkan baju saya kembali)

Sampai disitulah percakapan saya sama si dokter. Dokter hanya memberikan saya obat namun ketika obat dari dokter tersebut sudah habis, saya ikhtiar ke apotik herbal untuk minum pil daun sirsak, dan sirup ekstrak kulit manggis tapi sampai sebulan lebih masih belum ada perubahan.

Baca Juga:  Fibroadenoma Mammae Adalah Tumor Jinak

3. USG FAM di RS. Ridwan Meuraksa

USG FAM
USG Payudara

Saya bingung harus bagaimana karena fam ini sepertinya makin membesar dan saya bercerita kepada teman 1 kantor saya, dia pun pernah punya fam dipayudara dan sudah sembuh dengan minum obat yang dia dapat dari RS. Ridwan Meuraksa namun obat agak keras dan membuat rambut rontok, dan akhirnya dia merekomendasikan saya untuk berobat ke RS. Ridwan Meuraksa.

Akhirnya saya izin cuti untuk berobat ke RS tersebut, sesampainya disana saya ceritakan mengenai penyakit saya, dan dokter menyarankan saya untuk USG payudara, dokter pun mengatakan kemungkinan yang di derita teman saya adalah kista bukan fam karena sampai dengan saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan fam tanpa operasi, nah gambar diatas adalah hasil USG Benjolan saya

Setelah di USG dan diperiksa, dokter yang USG payudara saya mengatakan kalau benjolan saya sifat nya jinak tidak berbahaya, namun dokter tidak bisa menjamin benjolan tersebut 10 tahun kedepan akan berubah menjadi ganas, karena melihat kanker payudara sering terjadi pada wanita dan penyakit mematikan.

Kesimpulannya saya harus tetap melakukan operasi fam, karena fam itu tidak bisa hilang dengan menggunakan obat saja, tapi tetap harus di angkat benjolan fam tersebut. Saya pun menanyakan apa penyebab pasti adanya fam dalam payudara, apakah dari makanan? namun dokter mengatakan tidak ada pantangan dari segi makanan. Akhirnya dokter menanyakan kapan saya siap untuk menjalani operasi, saya hanya menjawab “nanti saya akan pikirkan dulu dok karena saya masih takut sama operasi”

4. Operasi FAM Desember 2017

Desember saya memutuskan untuk operasi fam di RS. Ridhoka Salma, saya baru menemukan RS yang membuat saya nyaman, dengan fasilitas, pelayanannya dan bernuansa islam. Saya konsultasi ke dokter bedah tanggal 19 Desember 2017, saya berikan hasil USG fam saya ke dokter, dan dapet jadwal oeprasi tanggal 29 Desember, karena tanggal 23 Desember saya ada sidang proposal skripsi makanya saya minta ditanggal 29 Desember.

4.1. Momentum Operasi FAM

Operasi FAM
Pasca Operasi Fam

Tepat tanggal 29 Desember hari jum’at saya dijadwalkan operasi pukul 9 malam, dan saya harus mulai puasa pukul 1 siang sampai waktu operasi tiba. Pukul 5 sore saya sampai di RS saya langsung melakukan pemeriksaan dan di infus. Disuntik obat antibiotik sebelum operasi fam rasanya perih

Masih dalam keadaan puasa saya terus berdoa karena sudah pukul 8.30 malam mendekati operasi. Rasanya parno sekali setiap suster masuk ke kamar inap saya, saya kira mau bawa saya ke ruang operasi eh ternyata bukan mereka hanya mau menyuntikan kembali obat antibiotik ke infusan saya, hehe dramaquin banget yaa, dibenak saya masih tidak menyangka bahwa saya akan punya pengalaman operasi fam dan saya akan tau seperti apa itu operasi.

Baca Juga:  Fibroadenoma Mammae Adalah Tumor Jinak

Sampai akhirnya suster datang ke kamar inap saya berdua dan membawa saya ke ruang pemulihan operasi, pukul 9 malam disuruh ganti baju pake baju operasi melepas semua pakaian saya termasuk bra dan celana saya, jadi hanya menggunakan CD dan baju operasi saja hehe agak risih karna akan dilihat 3 dokter laki-laki, dan masih disuruh nunggu sampai dengan pukul 11 malam karna menunggu giliran dan dokter anastesinya belum dateng juga. Akhirnya tiba juga si dokter anastesi dan giliran saya masuk ruang operasi, datanglah si dokter menuntun saya dari ruang pemulihan ke ruang operasi dan menyuruh saya tiduran di meja operasi.

Hati saya berkata “BISMILLAH” direbahkanlah dan dibentangkan kedua tangan kanan dan kiri saya kebetulan saya operasi payudara sebelah kanan jadi infusnya sebelah kiri, tangan kanan saya di jepitkan semacam alat pendeteksi jantung, mulai di suntikan obat bius warna nya putih gitu cairan bius nya ke selang infus saya, dalam hati masih sempat berkata : “jadi juga nih punya pengalaman operasi fam”, selanjutnya saya sudah tidak tahu apa yang terjadi setelah dibius.

5. Pemulihan Setelah Operasi Fam

Pukul 12 malam saya dibangunkan dokter, hal pertama saat saya membuka mata, saya hanya merasakan sesak di dada dan ngantuk banget seperti orang yang baru bangun tidur, anggota badan saya belum bisa digerakin seluruhnya, lalu saya diberikan oksigen karena mengingat saya sedikit sesak nafas pasca operasi. FINISH akhirnya saya hanya merasakan nyeri dipayudara pasca operasi rasanya sedikit perih aja mungkin karna luka jahitan, namun reaksi masing-masing tubuh itu berbeda-beda ada yang merasakan mual, muntah, mengigil dll tapi kalo saya hanya sesak di dada sekita 10 menit setelah itu pulih kembali dan sadar total pukul setengah 1 malam.

Karena sudah malam akhirnya saya melanjutkan tidur sampai waktu pagi tiba, ternyata operasi itu TIDAK terasa sakit sama sekali ya karna dibius total, memang sebenarnya yang sulit itu bukan soal sakit atau tidak tapi soal nyawa pasti dipikiran kita setelah dibius bangun lagi atau tidak yaa…. dan itu yang membuat mental kita jatuh ketika menghadapi operasi.

6. Perawatan Setelah Operasi FAM

Hari esok pun tiba, dokter datang ke kamar rawat inap saya untuk menanyakan bagaimana kondisi saya apakah sudah pulih atau masih ada yang di keluhkan setelah operasi fam, karena tidak lagi ada yang dikeluhkan maka saya sudah di perbolehkan untuk pulang kerumah. Selama perawatan di rumah saya sama sekali tidak pakai bra karena takut luka operasi saya tertekan oleh bra, sebelum operasi ada pasien yang operasi fam juga lalu langsung pakai bra membuat luka bekas jahitannya terbuka lagi dan berdarah, maka dari itu selama seminggu setelah operasi saya tidak berani untuk memakai bra.

Baca Juga:  Fibroadenoma Mammae Adalah Tumor Jinak

Ketika luka nya sudah mengering pun saya masih menggunakan miniset untuk bekerja karena masih takut dan hawatir luka bekas operasinya terkena bra, saya juga diberi obat salep dan obat antibiotik untuk dirumah agar luka bekas operasi fam saya cepat mengering, saya juga berusaha untuk menjaga pola makan dan berolahraga agar fam yang sudah di operasi tidak lagi tumbuh.

7. Operasi Fam dengan BPJS

Kebetulan saya operasi fam dengan menggunakan BPJS Kesehatan dari kantor, sama sekali tidak dikenakan biaya sepeser pun, namun kita harus bisa mengikuti prosedur nya dengan baik. Mulanya ketika pertama kali saya periksa itu menggunakan umum langsung datang kerumah sakit dan ketika saya check up kembali saya pindah rumah sakit yang tadinya di RS Cibitung Medika pindah ke RS Ridwan Meuraksa atas referensi dari teman kerja saya, lalu disitu pun saya melakukan USG Fam. Mengenai biaya yang saya keluarkan saat USG Fam adalah sekitar Rp. 200.000 rupiah.

Lalu saya memilih operasi fam dengan menggunakan bpjs kesehatan dari kantor, dengan mengunjungi klinik faskes pertama untuk meminta rujukan ke spesialist bedah di RS Ridhoka salma, setelah itu saya pun melakukan beberapa pengecekan di RS tersebut, dan menentukan jadwal kapan saya operasi. Karena saya menggunakan BPJS Kesehatan saya hanya melampirkan beberapa file yaitu:

  • Foto copy surat rujukan (dari faskes pertama)
  • Foto copy Kartu keluarga
  • Foto copy KTP
  • Foto copy Kartu BPJS Kesehatan.

8. Penanganan Cepat FAM

Sering-sering melakukan SADARI, selagi masih bisa ditangani dengan obat, jangan sampai kalian punya pengalaman operasi fam seperti saya. Jika sudah terjadi jangan menunda-nunda operasi karena dengan operasi kita bisa berjuang untuk sehat yang lebih lama. Seperti itu pengalaman operasi fam yang saya miliki, semoga cerita saya dapat menginspirasi kalian untuk tidak takut akan operasi fam .

“a tumor is a baby of cancer, you will be stronger and you need to check, take care of your health, I hope it will in inspirate the other people”

140 Replies to “Pengalaman Operasi FAM di RS Ridhoka Salma

  1. Assalamualaikum…

    Salam kenal mbaak… Sebelumnya,saya pengen cerita (atau curhat hehehe) kalau saya juga baru dikasitau sama dokter kalau di payudara saya ada tumor jinak di payudara, setelah selama sebulanan ngerasa sakit di payudara sampai punggung dan ketiak, plus ada benjolan di payudara kanan. Dan setelah di USG ternyata ada dua benjolan 3 dn 2 cm di payudara kanan dan 1 cm di payudara kiri. Dokter nyaranin utk operasi aja,tapi jujur aku masih takut, parno, dan gamau dioperasi cepet cepet. Apalagi dokter bilang ini g berbahaya dan mau operasi beberapa bulan lagi juga gapapa..tapi lama lama parnonya juga makin ga jelas…hehehehe

    Tapi alhamdulillah setelah liat tulisan mbak, rasa parno saya jadi berkurang. Liat tulisan mbak, keberanian saya jadi muncul. Insya Allah saya mau operasi awal Maret nanti. Mudah mudahan lancar…aamiinn…

    Mbak cepet pulih ya…makasi udab nulis cerita pengalaman operasi FAM nya, sangat bermanfaat sekali… Sehat terus yaaaa…

  2. Wa’alaikum salam
    Dear mba andini, duhh mbaa namanya mirip sama nama istri mantan saya wkwkwk hehe yaa mba saya yakin hampir semua wanita akan mengalami kepanikan kalau menemukan ada benjolan dipayudara nya, saya pun berawal seperti itu mba, hampir setiap hari saya pun selalu memotivasikan diri saya untuk berani, dan saya selalu berfikir “saya harus sembuh untuk sehat yang lebih lama” tapi memang dioperasi adalah hal yang menakutkan tapi pada kenyataannya semua tidak seburuk apa yang kita fikirkan mba.. memang yang sulit itu mengumpulkan mental untuk operasi. dan ga pernah abis fikir dibuatnya. tapi yaa tetap kita harus berani biar hati kita lega mba, dan ga ngerasain parno atau takut2 lagi…
    dan jangan lupa selesai operasi juga nanti pola makan nya dijaga yaa, biar benjolan nackal itu ga tumbuh lagi dipayudara kita. semangatt yaa mba andini jangan takut πŸ˜€

  3. Assalamu’alaikum mbak, mau tanya. Recovery habis operasinya berapa lama ya? (Lepas perban dsb) Makasih

  4. Wa’alaikum salam mba, kalo saya sih karna besar benjolannya 3cm, jadi recovery nya itu sekitar 3 minggu sampe bener2 kering, tapi kondisi tiap orang kan beda2 ada juga yang 1 bulan. Pasca operasi tuh yaa sekitar seminggu kita jangan pake bra dulu karna jahitan kita masih basah. Karna ada pengalaman orang juga yg pasca operasi dia pake bra terus luka jaitan nya berdarah lagi.

  5. ikut bercerita yaaa πŸ™‚
    13 Feb 2018 aku juga operasi FAM di RSPI Jakarta Selatan.
    Sebenarnya benjolan ini udah dirasakan dari SMP, cuma dasar sayanya aja yang malas ke RS :p
    Akhirnya setelah bertahun-tahun saya pergi ke RS juga untuk periksa, dan fixed FAM!
    Dimarahi dokter sih, beliau bilang “kenapa lama banget baru ke RS?? Untung kamu belum 30th”
    FYI, FAM ini kalau sampai umur 30th-an belum diangkat berpotensi menjadi tumor ganas atau lebih mengerikan lagi menjadi kanker.
    (Skip ke pasca operasi)
    Jujur saya sama sekali gak parno dengan operasi (bukan sombong ya), tapi emang ini cuma operasi kecil jadi saya rasa gak ada yang perlu ditakutkan, dan setelahnya memang minim rasa sakit.
    Recovery butuh 2 minggu pasca operasi, WAJIB pakai bra (supaya tidak bergoyang) dan gak boleh kena air. 2 minggu kemudian saya lepas jahitan & sama sekali gak sakit.
    Dikasih salap antiseptic *lupa namanya* dan gel penghilang bekas luka Kelo Cote.
    Setahun 1x kudu USG Mammae untuk memastikan akar FAM ini gak tumbuh lagi, karena penyebabnya adalah hormon & genetik

  6. Yaps betul sekali apa yang di ceritakan oleh mba, terimakasih ya mba sudah mau share pengalaman nya juga, mengenai pake bra dan tidak itu tergantung luka operasinya si mba, ada yang dokter tdk memperbolehkan pakai bra, basicly semua nya tidak jauh berbeda.Terimakasih juga sudah memberi info kalau fam yang tdk di ambil diatas 30th akan berpotensi jadi ganas hehe saya juga baru tau.

  7. Mba kalo boleh tanya, pemulihan setelah operasi berapa lama? Soalnya saya punya bayi n mau di operasi jg.. Makasih

  8. Mengenai pemulihan sih tergantung pada kondisi tubuh masing2 , kalo saya pribadi 2 minggu pemulihan pasca operasi, karena jahitan nya tdk terlalu panjang, jangan khawatir ya mba pasrahin saja kesembuhan mba sama sang pencipta, pasti sembuh ko mba gapapa saat ini berjuang melawan takut dulu untuk sehat yang lebih lama.

  9. Makasih loh mba tulisannya bikin semangat.. Tepatnya menularkan semangat dn keberaniannya :).. Sayapun disarankan dokter untk melakukan op. Tp sampe hr ini msh blm berani.. Mentalnya msh blm kuat sepertinya..hehee.. Mba maaf,apakah pasca op bentuk payudaranya ttp sama sperti sblm op atau bagaimana? Lalu stlh op apakah suka terasa nyeri bekas sayatannya? Terimakasih ya mba untk sharing pengalamannya πŸ™‚

  10. Hehe iya mba sama-sama yaa, mba gausah takut dan khawatir kan pas dioperasinya itu tidak sadar, karna di bius total tau2 udah selesai dan ga kerasa sakit sama sekali. Aku pasca operasi tdk ada yang berubah sedikit pun dari payudara aku , cuma ada kaya bekas luka sedikit ko ga mempengaruhi bentuk payudara soal nya kan benjolan nya kecil.
    Suka terasa nyerinya kalau ketika mau datang haid mba agak sedikit sakit tapi pas sudah haid tdk sakit lagi. Kalau bekas sayatan nya mah ga sama sekali nyeri lagi sampai dengan saat ini.

  11. Terimakasih untuk sharing kisahnya yah mba, aku semakin kuat
    saya belum USG, tapi hanya diraba oleh ibu dokter yang diPuskesmas Kenari, Ibunya langsung kasi surat Rujukan untuk Langsung diambil Tindakan Oprasi ke Rs. PGI Cikini. Benjolan saya dipayudara sebelah kanan, 1 minggu pramenstruasi sakit banget, klw abis makan daging atau mie langsung berdenyut, kalau saya stres atau kecapeean sakitnya luar biasa.
    oh ya mba, saya mau nanya, setelah Operasi, apakah mba masih pernah lagi merasain sakit2 berdenyut dalam waktu tertentu mba??

  12. Mba ukuran tumor yg di usg sama yg aslinya dirasain sama gak? Trus dokter bedahnya bakal ambil benjolan yg lain yg mungkin tidak terdeteksi usg… Mba usgnya sekali lngsung dsuruh operasi?

  13. Kalau tanda2 pas ada benjolan atau pada saat tau benjolan itu ga ada tanda apa2, cuma pas lg mandi kan emg suka raba2 payudara sendiri.
    nah ketauan nya pas disitu mba, pas sadar klo dipayudara ada benjolan ga ada rasa sakit apapun cuma rasa hawatir dan tidak nyaman aja…

  14. Ukuran yang di usg sama yang asli dirasain berbeda, kalo yg saya rasain benjolan nya itu kecil sekitar 2 atau 3 cm tapi pas liat usg mah kaya yg agak besar.
    “dokter bedahnya bakal ambil benjolan yg lain yg mungkin tidak terdeteksi usg”? jawaban nya tidak, dokter hanya mengambil benjolan yang terdeteksi oleh usg dan yg diraba oleh dokter.
    saya usg nya sekali dan sebelum usg pun memang sudah disarankan disuruh langsung oprasi, karena tdk ada jalan lain memang hanya operasi yang dapat menghilangkan benjolan itu..

  15. semangat yaa mba , jangan menyerah , kita harus berjuang untuk sehat yang lebih lama, pramenstruasi emang pasti sakit banget, kalo makan nya ga pantang juga pasti sakit, jangan stress atau kecapean kalau bisa memang sakit nya kaya yang payudara kita tuh bengkak tapi ga ada luka nya hehe…
    yaa setelah operasi saya suka merasakan sakit dibagian payudara dan ketiakpas masa2 mau mens, tapi ketika sudah mens rasa sakitnya hilang ko. Kalau berdenyut saya juga masih suka merasakan namun tdk sesering dulu sebelum operasi.

  16. Thank you buat sharing pengalamannya kak. Aku juga ada benjolan dan ga sakit sekitar hampir 6 bulan ini. Kemarin sudah dibawa ke dokter bedah dan di suruh buat usg dulu buat memastikan penyakitnya. Tp jujur aku takut buat di usg nya. Kira2 pada saat usg kita sudah di kasi tau kah mengenai benjolan ini apakah berbahaya atau tidak?

  17. Kaak Aku juga punya fam di payudara kiri kak besarnya 3cm . Tapi saya takut operasi kak . Saya takut disuntik takut dibius kak . Gimana kak cara agar bisa ngilangi rasa takut itu . Apakah dioperasi sakit kak atau dioperasi itu efeknya apa . Payudara nya terasa sakit apa gak…. makasih kak

  18. Jangan takut shay, everything is gona be oke… don’t worry semua bakal baik2 aja. Jangan pikirkan soal sakit yg masih bisa kita tahan.
    di suntik itu sama kaya di gigit semut api , dibius itu disuntikan ke bius jadi kita tau2 ga sadar alias pinsan hehehe, bangun2 syudah kelar dan tdk tau bagaimana rasa sakit dioperasi. Jadi kamu jangan takut yaa , yg kamu harus pikirkan itu bagaimana caranya kamu sembuh untuk sehat yang lebih lama. Ga ada efek apa2 ko shay πŸ™‚

  19. Sama-sama yaa , aku juga udah 7 bulan pas bulan ke delapan baru berani operasi. Tapi biasanya dokter ketika memeriksa atau meraba sudah bisa menyimpulkan apakah benjolan itu jinak atau tidak. kalau benjolan nya bisa digerakan dan tdk menetap insha allah itu jinaak shay, jadi jangan hawatir yang penting pola makan dijaga aja yg sehat2 yaaahh. Biasanya USG itu untuk mengetahui berapa ukuran si benjolan dan seperti apa benjolan nya.

  20. Hay kak, aku mau nanya perkembangan setelah operasi fam nya bagaimana? Apakah setelah operasi hasil nya di bawa dulu ke lab atau tidak? Dan kondisi kakak skrg bagaimana? Apakah sudah pulih sepenuhnya? Aku baca2 setelah operasi fam ada org yg ngerasa masih nyeri, bekas jahitan yang ga pudar, atau bahkan msh ngerasa ada sesuatu yg keras di PD nya. Oh ya dan satu lagi, ada makanan yg dihindari ga kak setelah operasi? Hope you will reply my comment πŸ™‚

  21. Thankyou mbak udah berbagi pengalamannya.. Sya jg punya benjolan di payudara bagian kanan.. bs di bilang ud bertahun2, tp belum jg di periksain karna takut, stelah baca pengalaman mbak inshaallah mulai ada keberanian utk periksa.. Hahahaha oh ya mbak, apakah benjolannya ada perubahan ukuran? Dan apa diikuti dengan munculnya benjolan di ketiak jg?

  22. Terima kasih kakak, berkat kakak saya yang awalnya ketakutan operasi setelah membaca tulisan kakak, saya jadi berani operasi. Kemarin saya melakukan operasi FAM.

  23. Assalamualaikum kak saya dari aceh, saya juga baru baru ini selesai operasi fam sebelah kanan, ouh ya kak saya mau nanya, biasanya benang atau jahitan yg diluar kulit itu dibuka apa engga ya kak, Ouh ya kak nama salep atau cream yg kakak gunakan apa? Biar ga berbekas

  24. Wa’alaikum salam , kalau jahitan yang diluar kulit itu harus dibuka mba, kecuali jahitannya langsung meresap menjadi daging.
    cream nya coba aja mba pake dermatix.

  25. Syukurlah jika tulisan saya menjadi motivasi dan manfaat bagi para wanita yang takut akan operasi fam, semoga lekas sembuh yaa indah.

  26. Sama-sama sayy, jangan di diemin say harus segera di operasi, jangan di diemin sampe bertahun2 karna hawatir bisa menjadi ganas. mengenai benjolan jika di diamkan bertahun2 ukuran nya bisa bertambah besar, utuk benjolan di ketiak tdk ada mba.

  27. Hai juga lia, perkembangan pasca operasi alhamdulilah membaik meskipun ketika mau datang haid suka agak nyeri yaa wajarlah ya namanya juga wanit akrna pada saat akan haid itu hormon naik. setelah operasi aku tdk dibawa ke lab karena sudah di pastikan oleh dokter bedah benjolan nya tidak berbahaya, kalau pulih or engga paling ya itu yg aku bilang td ketika mau haid rasanya payudara bekas operasi agak nyeri , tapi kalau udah berjalan nya haid tdk sakit lagi. Sesuatu yg keras paling ya bekas jaitan itu karna kan kalo aku jaitan nya yg jadi daging..
    Untuk makanan hindari mie instan, sate2 daging yang dibakar2, micin, baso yg berlebihan..
    yaa kita pokonya makan sehat aja shayy..

  28. Makasih ya sudah berbagi pengalaman.. Insipirasi dan jd motivasi..
    Kemarin saya operasi fam dengan ukuran fam 1.2 cm..
    Saya terdekteksi fam 1bln lalu dan karena dukungan2 dr keluarga memutuskan operasi….memang membayangkan operasi deg deg an nya minta ampun… Tapi setelah mengetahui hasilnya fam Lega…

  29. iyaa say sama.sama yaa alhamdulillah jika bermanfaat . jika sudah operasi dijaga kesehatan nya yaa mba.

  30. Halo kak sifa..aku juga kemaren 02 juli 2018 opeeasi FAM..Alhmdulillah berjalan lancar..tinggal kontrol lagi yg belum.Doakan ya kak semoga hasilnya bagus.jaitannya kering dan bisa terus sehat …aamiin

  31. Hi, sy terdeteksi FAM per hari ini 11/7/2018, rencananya Minggu lalu hanya mau medical checkup routine tetapi dr Hasil medical check up tersebut di temukan FAM..
    kaget sih tp Alhamdulillah krn Skr jadi tau kalau ada β€œapa2” di dlm payudara jd bs bertindak sebelom terlambat..
    Bersyukur jg β€œhanya” FAM krn 3 Minggu lalu ada temen meninggal Karena kanker payudara πŸ™ nauzubillahiminjalik..!!
    Dan kebeneran Bersyukur ukuran masih kecil 0.9cm (tidak smp 1Cm) tapi udah di pikir2 sepertinya sy akan inshaallah lakukan operasi pd bulan September which is Kira2 2bln-an lagi krn hrs keluar negri u/ 6minggu..
    Yg Jd concern sy nulis disini ga taunya banyak bgt perempuan2 yg kena FAM (setelah baca komen2) dan I’m not Alone! Jd gak begitu parno kayanya Kl inshaallah hrs d op bln September mendatang!
    Thx guys for sharing your story!

  32. Assalamualaikum mb mau tanya. Kemarin saya juga abis ysg terbyata di pd sebelah kiri kata dokter juga ada fam nya ukuranya aekitar 2 cm dan disarankan oleh dokter untuk ops. Tapi saya masih takud dan khawatir mb untuk melakukan ops. Mb setelah pasca ops itu yang dirasakan apa mb ? Bagaimana mb cara memberanikan diri supaya kita berani ops dan tidak berpikir yang negatif2. Terimakasih ya kk mohon dijawab

  33. Mba mau tanya ni. Saya kan juga ada FAM itu sekitaran 7 buah yang tersebar di payudara kiri dan kanan saya. Dan saya sudah melakukan op. Hanya saja ini sudah sekitar hampir tiga minggu mba, di payudara kanan saya bekasnya sudah menghilang, tapi di payudara kiri bekasnya masih terlihat hitam seperti darah yang menggumpal. Apakah bekas jahitan mba dulunya seperti itu juga? Lalu bolehkah lukanya ini kena air mba soalnya saya juga belum pernah mandi seperti biasa dari mulai awal op karena saya takut lukanya kenak air. Menurut mba gimana ya?

  34. Hi Siti Fauziah!
    Sebelumnya terima kasih banyak karena sudah sharing pengalaman op kamu disini. Tulisan kamu benar2 memotivasi orang2 yg terkena fam juga (seperti saya) untuk lebih berani menghadapi operasi.
    Bulan ini saya berencana utk operasi fam juga, setelah saya tunda selama berbulan2 karena belum punya nyali utk op.
    Jujur utk suntik, bius, dan opnya saya tidak terlalu takut karena sudah bertanya ke orang2 yg pernah melakukan operasi fam juga.
    Yang paling saya khawatirkan adalah rasa nyeri yg timbul akibat jahitan, dan juga saat membuka jahitan.
    Temen saya bilang, bagian yg paling dia ingat adalah saat melepas jahitan, karena ia masih bisa mengingat bagaimana rasa perihnya.
    Satu lagi, apakah saat recovery, kita benar2 tidak bisa melakukan aktivitas sehari2 seperti biasanya? (seperti keluar rumah, dl)

  35. Mbak, waktu kena gejala fam juga disertai gejala lainnya gak? Kayak semacam penebalan kulit/ kulit kering mnglupas?

  36. Makasih sudah berbagi jadi lebih tahu soal FAM ini, mau tanya tahunya itu benjolan FAM gimana yaaa? selama ini saya klo meraba yaaa tekstur nya ada benjolan-benjolan kecil gitu dan saya sudah SADARI sedari kecil tapi kurang paham yang benjolan tumor itu rasanya kek gimana…..

  37. Hai kak.. Ikutan cerita yaa…
    Aku takut bgt, parno, drama, cengeng anaknya hhe.. Sama aku juga menderita FAM, aku tau setahun yg lalu ngerasa ada benjolan di payudara.. Naah karena ga ngerasa sakit yaudah tak biarin aja sampe aku lupa kalo di payudara aku sebelah kiri tu ada benjolnnya.
    Aku mau nikah Bulan november ini nanti insyaallah.. Trus aku baru keinget kalo ada benjolan, cerita sama si doi sutuh diprriksain langsung.. Takut bgt kan yaa.. Hari kamis lalu aku ke puskesmas dulu, katanya diagnosa tumor jinak.. Disarankanlah aku ke RS. Umum ke poli bedah… Otw hari Seninnya aku ke poli bedah.. At least bener bgt yg jadi ketakutanku fix tumor jinak.. Disarankan buat operasi Kamis besok, yaa gimana yaa mau ga mau dan hari ini tuh Rabu aku udah jadwal rawat inap di RS jam 9 pagi..
    Alhamdulillah banyak yg support aku keluarga, doi, temen..
    Sekarang tinggal saatnya buat positif thinking terus, pasrah, dan berdoa aja..
    Bismillah….

  38. Haii Zamzama, iya senang bisa mendengar kisah kamu juga, iya memang untuk tumor jinak itu hal yang langsung terfikirikan, dan membuat hawatir diri kita sendiri karna kan namanya wanita rentan banget apalagi di bagian intim wanita itu gimana gak bikin kita hawatir. Kamis yaa kamu jadwal operasi nya berati sekarang kamu sudah operasi ya? semangat yaa jangan nyerah untuk sehat yang lebih lama lagi, jangan lupa pasca operasi harus banyak-banyak makan sehat, konsumsi buah-buahan biar benjolan tersebut tidak lagi tumbuh. Semuanya pasti akan support kita say, jadi jangan psimis yaa. keep fighting ….

  39. Hai ayu mintorogo,
    Sama-sama sudah menyempatkan membaca tulisan saya, ada nya benjolan di payudara kita itu akan berbeda dengan tekstur benjolan kecil lainnya, benjolan itu ukuran nya agak sedikit besar yaa sekitar 3cm atau 2cm dan benjolan itu ketika diraba dapat di gerakan, atau sifat nya tidak menetap. Jika kamu mengalami hal tersebut kamu bisa langsung melakukan pengecekan ke dokter penyakit dalam untuk lebih memastikan itu benjolan yang wajar atau tidak wajar, agar cepat dalam penanganan nya, intinya kita harus aware dengan kondisi kesehatan kita sendiri sebagai wanita yang rentan terhadap hal-hal tersebut.

  40. Hai Mei, saya tidak ada gejala seperti penebalan kulit atau kulit kering yang mengelupas, pernah saya mengalami herpes di bagian payudara saya, sempet parno dan hawatir tapi ternyata itu bukan efek atau gejala ada nya benjolan tapi hanya sekedar herpes biasa yang kebetulan ada di kulit payudara saya.

  41. Haii sory aku baru update dan buka blog saya kembali hehe.. woww good girl kamu sudah memilih pilihan yang benar untuk terus berjuang untuk sehat yang lebih lama… sering-sering makans sehat yaa, saya akan selalu mendoakan kamu agar kamu cepet kembali pulih dan sehat kembali seperti biasa.

  42. Hy rizky iya sama-sama yaa saya senang kalau tulisan saya bisa membuat berani atau menumbuhkan motivasi untuk para wanita yang mengalami hal yang sama dengan saya.
    Mengenai rasa sakit akibat jahitan hanya sekali mba, kita harus ttep berjuang untuk sehat yang lebih lama lagi sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Tidak perlu mendengarkan apapun yang sebetulnya kita pun belum tau, rasa takut itu hanya ada dikepala kita ko. semangat yaa. saat recovery masih bisa ko aktifitas seperti biasa yang penting luka jahitan yang masih basah itu jgn sampe kesenggol atau kena benda keras yaa…

  43. soryy ya mba novi aku baru buka blog lagi nih, wah udah lama juga ya kalau aku lihat komentar nya mba novi, hehe mungkin sekarang sudah sembuh ya mbaa, aku pribadi luka bekas jahitan agak merah berbeda warna dengan kulit lainnya disekitar payudara, itu ga apa2 ko mba kalau mau mandi yang penting jangan terlalu keras tergosok busa atau handuk kalo misalkan luka jahitannya masih basah. tapi kalau udah kering si ya ga perlu ada yg dihawatirkan lagi mba. hehe

  44. haii youlanda, bagaimana agar bbisa melawan rasa takut yaa? yaa kita harus memotivasi diri kita sendiri untuk melawan rasa takut, kita harus berfikir bahwa hal tersebut belum tentu terjadi, aku juga gitu ko awal nya tapi kita pasrahin aja sama sang pencipta dan yakin bahwa kita pasti sembuh, kita harus berjuang untuk sehat yang lebih lama mba.

  45. yaaa rani waaahh hebat kamu udah operasi yaa, pasti sembuh ko say, semoga sehat selalu yaa rani .. aaamiiin

  46. Haii nadya , iyaa semangat yaa untuk operasi nya yaa kamu pasti bisa ko, kita harus semangat berjuang untuk sehat yang lebih lama… jangan di biarkan dan menunggu sampe hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, operasi tidak seburuk apa yang kita pikirkan ko. semangaaaat yaaa semoga kamu cepet sembuh, dan bisa pulih kembali seperti semula.

  47. Aduuh kak makasih banyak sudah mau berbagi cerita, tapi ceritanya kok sama bgt yaa kaya aku hehe, aku juga lagi dalam penyusunan skripsi, bahkan sudah selesai dan sudah ada jadwal sidangnya juga, tinggal sidang aja, tapi sebelum sidang harus operasi fam dulu dipayudara kanan aku, dan operasinya baru mau dimulai senin 27agustus ini, doain ya kak mudah”an lancar segala sesuatunya, baik operasi aku maupun sidang aku juga. Hehhe aamiinn allahumma aamiin. Terimakasih untuk info dan berbagi pengalamannya selama operasi ya kak, jadi ga takut deh hehe

  48. Selamat siang mba Sifa. Maaf mau tanya untuk pemulihan jahitan butuh waktu berapa lama ya. Soalnya saya juga baru 10 hari operasi.
    Sebelumnya terimakasih

  49. Siang mba tinni, pemulihan nya biasa nya 1 bulan mba , baru setelah itu bisa beraktifitas seperti biasa lagi.

  50. Haii Novia , hehe iyaa betull banget mendingan sebelum sidang OP nya, biar ga ganggu sidang dan bisa fokus ke sidang hehe. iyaa aku doain semoga lancar yaa semuanya sidang skripsinya juga. aamiin

  51. Aku pun sama kak, tahun lalu tepatnya tgl 13 september 2017 melakukan operasi FAM, aku juga awalnya dibiarain gtu aja walaupun udah tau ada bnjolan, pas udah lama kelamaan sering terasa sakit kya yg ditusuk” jarum gtu, akhirnya sya coba periksa ke puskesmas, dan disana saya dimarahin sama dokternya karna benjolan nya udah besar banget katanya tapi malah dibiarin, dan dokter langsung nyaranin bwt operasi, disitu aku cuma bisa nangis aja, hahahah, dan akhirnya 13 september aku melakukan operasi, serasa mimpi, ga nyangka bkal ngalamin berbaring dimeja operasi, dan sekarang alahmdulillah udah sembuh, tapi kadang” dibekas operasi nya suka kerasa nyeri gtu,,

  52. Hallo kak. Aku baru aja operasi fam sekitar 1 Minggu yg lalu . Dan skrng udah beraktivitas kembali tapi saya merasa agak sedikit nyeri di payudara dan agak keras gitu dibagian sekitar bekas jaitan . Apa kakak juga merasakan seperti itu?

  53. Hallo siti, iyaa say aku juga operasi udah 1 tahun yang lalu masih merasa seperti itu dan kalau bekas jahitan itu memang ada sama seperti yang kamu rasain ko. Kalo aku sih soal rasa sakit ada ketika mau haid aja. Tapi itu hal yang wajar kamu ga perlu takut yg penting jaga pola makan nya aja.

  54. Halo kak, pengen curhat juga ni sy dr kalimantan, kebetulan baru 3 hari ini saya tau seperti ada benjolan ntah sejak kapan ada benjolan ini tp di pegang ga sakit, shock dong sy gak nyangka ada benjolan dekat susu dan kemudian mulai galau jd sy ga ke dokter dulu tp ke alternatif hbs itu di cek ternyata bijinya tidak 1 saja katanya tp saya cuma ngersain satu aja yg kerasa dan saya semakin takut, tp saat ini saya blm periksa ke dokter karena saya takut dan tidak siap:”””””( kalopun ke dokter di suruh operasi gimana ya πŸ™ takut sama yang namanya jarum saya.

  55. haduh kak sifa pingin bacanya besok aku operasi fam doain lancar ya kak ..oh ya btw bagaimna skrng keadaan kakak sudah sembuh total atau bagaimana

  56. haduh kak sifa pingin nangis bacanya besok aku operasi fam doain lancar ya kak ..oh ya btw bagaimna skrng keadaan kakak sudah sembuh total atau bagaimana

  57. Hai novita, jangan sedih dong bacanya hehe maaf baru bales, pasti saat ini kamu udah selesai operasi kan? keadaan aku jga sekarang alhamdulillah baik sembuh total ,cuman ketika mau haid aja agak sedikit nyeri dibekas operasiannya, tapi kalo udah haid ilang rasa nyeri nya aku rasa masih wajar, dan harus sering2 melakukan SADARI setiap mau mandi.

  58. Hai delvi semua rasa ketakutan kamu itu wajar saya aja mengumpulkan nyali untuk operasi itu 7 bulan shay, tapi pas dijalanin ternyata operasi itu tidak seburuk seperti apa yg ada di dalam pikiran kita, sama sekali ga ada rasa sakit ko, kan kita dibius yaa meskipun memang deg2an tapi kamu jangan hawatir semua nya akan baik2 aja dan kamu harus berjuang untuk sehat yang lebih lama, gabaik juga kalo di diemin lama2 shay

  59. Hai sis, terima kasih atas sharing nyaa saya jadi ga takut lagi.. dalam waktu dekat ini saya juga akan melakukan operasi FAM.. semoga lancar dan bisa sehat kembali.. Amin

  60. Assalamualaikum ka,saya mau nanya kira2 utk biaya operasi mahal apa tidak ya ka?
    Soalnya saya juga punya benjolan di sebelah kiri PD ,tapi saya takut biaya periksa,usg,dan operasinya mahal.terima kasih ka.

  61. Hay kak, aku juga ada benjolan, kerasanya dari bulan agustus lalu, sama dokter juga disuruh operasi, kalo lancar insyaalloh tgl 17 ini, baca artikel ini jadi berkurang sih takutnya, mohon doanya ya kak

  62. Assalamu’alaikum ka syifa..
    Itu kk waktu operasi di rawat inap nya brp hari ka ? Aku juga nih baru mau operasi cuma aku takut , terus juga syok karna dokter bedah nya cowo

  63. Kak. Aku juga tp aku belum periksa ke dokter, takut bgt. Aku nemu benjolan pas mandi skitar bulan agustus kmarin. Tp gatau ini apa bentuknya kaya keraba banget di pd aku kaya bulet kecil bisa di gerakin πŸ™ takut bgt mau periksa. Takut operasi dll takut byk hal, dan aku jg lg nyusun skripsi bentar lg sidang. Mungkin setelah sidang nanti. :'(

  64. Kak. Aku juga tp aku belum periksa ke dokter, takut bgt. Aku nemu benjolan pas mandi skitar bulan agustus kmarin. Tp gatau ini apa bentuknya kaya keraba banget di pd aku kaya bulet kecil bisa di gerakin πŸ™ takut bgt mau periksa. Takut operasi dll takut byk hal, dan aku jg lg nyusun skripsi bentar lg sidang. Mungkin setelah sidang nanti. :'(

  65. Untuk biaya operasi saya di cover BPJS say, untuk USG saya pernah di RS Ridwan Meukarsa itu kisaran 200 ribuan blm termasuk biaya dr. penyakit dalam nya. Lalu saya pindah RS dan menggunakan BPJS.

  66. Iyaa say pasti aku doain, wahh maaf ya aku baru bales hehe jarang buka blog, berarti kamu udah operasi yaa? gimana ga kerasa kan sakitnya? semoga cepat pulih yaa say.

  67. Wa’alaikum salam say, aku masuk RS di cek-cek itu sekitar sore, malam nya langsung operasi jadi ya cuma 1 harian aja di rawat inap nya, dan memang dr bedah nya cowok aku juga memang agak risih di periksa2 dan semua dokter pada saat operasi pun cowo semua say, ada 3 atau 4 orang lah.

  68. Haii adriana jangan khawatir yaa itu harus di cek ke dr penyakit dalam, dari dr penyakit dalam pasti kamu dikasih obat dulu kalo dalam 1 minggu benjolan tsb tdk hilang berati kamu harus konsul ke dr bedah dan jangan takut operasi karna gak sama sekali kerasa , selesain dulu skripsi kamu dan sidang karna biar gak was2 pas operasi mikirin skripsi dan bisa bedrest pasca operasi.

  69. Pasca operasi kira-kira kapan bisa bawa motor sendiri..masa pemulihan 1 bulan bearti kita harus d rumah terus ya..maaf nnya terlalu banyak…mksih jg blog ny mmbantu banget

  70. dengan cara menjaga pola makan jangan sering2 makan yang berlemak, daging yang dibakar-bakar terutama jangan sering2 makan junkfood

  71. Setelah operasi ada perubahan bentuk gxc mba berapa lama pemulihan nya sekarang gmna kondisi mba setelah operasi

  72. saya si kurang tau pasti sejak kapan ada benjolan di payudara saya mba, yang pasti sepertinya belum lama ada langsung terdeteksi sama saya karna saya selalu melakukan SADARI, ketika saya tau itu pas mau mandi dan saya langsung periksa ke dokter.

  73. Hari senin besok aku baru mau di oprasi jam 10 .doain juga yah semoga lancar. Baik baik saja. Sembuh aminn

  74. Sebeneenya yg q keluhkan sama tapi anehnya benjolanku ga beraturan n udaj di USG hasilnya nihil.. Tapi disuruh ama dokterku sendiri suruh evaluasi kalau sehabis datang bulan 7hr masih ada barulah cek lagi.. Dokterku bilang emang sering anak muda wanita yg operasi FAM ditempat dokterku .. Emang sih kadang aku sering mengasisteni dokterku buat Operasi uci2 dsb . nah ini datang bulanku udh berakhir tinggal menunggu 7hr kalau masih ada keanehan nt cek palpaai sama dokterku kemudian responnya jika harus dilakukan perbandingan USG ya udh deh USG .. Klo hasil dua2nya USG nya negatif brti nihil cuman jaringan mamae

  75. Hallo Firda, tapi kalau di raba terasa ada benjolan kah? yaa semoga saja hanya jaringan mamae dan tidak perlu dilakukan operasi yah, tapi kalau sudah kejadian seperti itu ada baiknya kamu harus sering2 cek payudara biar bisa mengantisipasi.

  76. Halo mutia, terimakasih sudah bertanya, efek samping operasi fam untuk payudara kita pasti ada say, luka bekas jahitan kita tuh gatel banget say, tapi aku sendiri berusaha untuk ga di garuk, nyeri payudara pas lagi haid, mungkin sakitnya org yg peyudara yg udah pernah operasi sama yg belum pernah operasi memang beda, kalo aku sendirri kalo pas haid emang agak sakit banget, tapi setelah haid gak sakit lagi. Menurut aku sih hal begitu masih wajar.
    Tapi kan dengan operasi bisa membuat kita sehat lebih lama lagi,dan lebih waspada lagi terhadap payudara kita sendiri.

  77. Halo kak, saya juga baru minggu ini usg dan kontrol ke dokter bedah. Sampe 2 dokter aku datengin dan 22nya bilang harus dioperasi. Aku emang aga takut operasi tapi kalau kata dokter harus, masa pasien nolak…. aku mau tanya, setelah operasi butuh istirahat berapa hari ya sampai bisa aktivitas normal lagi? Soalnya aku kerja kantoran… apa perlu ambil cuti panjang?

  78. Hallo mega, iya memang harus dioperasi betul apa yang dibilang sama dokter, setelah operasi istirahat 2 atau 3 hari aja say, tapi tergantung luka jaitan nya si, tapi kalau kerja di kantor 2 atau 3 hari cukup ko, karna kan ga banyak aktifitas , soal y aku juga gitu kerja dikantor ga banyak aktifitas yang berat2. Dan palingan sampe luka jaitan y kering jangan pake bra dulu say, pake miniset dulu biar luka jaitan nya ga kegesek2 sama bra, kalo miniset kan dari kaos ya jadi ga begitu kasar sekalipun kena luka jaitan.

  79. Hallo mba sifa.. aku 2 Minggu lalu pun abis oprasi fam /tumor mamae… Yg aku rasakan sekarang dibawah bekas operasi rada keras gtu.. normalkah.. soalnya aku juga sedang menyusui… Berapa lama sih.. sampe ga kerasa keras lagi di bagian bawah bekas operasi.. oiya ada bedanya ga abis operasi yg dijahit sama di lem… Makasiih mba

  80. hallo mba linda, menurutku normal selagi tidak terindikasi benjolan, maksudku bukan benjolan dan mungkin ada baiknya pasca operasi kalau memang masih keras setelah 1 atau 2 bulan kemudian mba USG Payudara untuk memastikan aja bahwa itu normal. dan bedanya operasi di jahit sama dijahit benang biasa dengan benang jait yang bisa jadi daging yaa, mungkin kalau dijahit dengan benang jahit pada umumnya itu harus di ambil benang jahitnya setelah sembuh, tapi kalau dijahit atau di lem yang bisa jadi daging itu timbul keloid mba di bekas luka operasian kita dan untuk jenis jahitan yang langsung jadi daging itu tergantung kecocokannya masing2 kenapa? karna ada orang yang dilem atau dijahit benang yang langsung jadi daging tidak merapat secara sempurna resiko nya bisa jadi operasi ulang untuk memperbaiki luka bekas jahitan kita gitu si mba kata dokter pas saya lagi tanya2 seputar jenis2 jahitan. kalo saya sendiri yang dijahit dengan benang yg langsung jadi daging karna saya takut sakit kalau pake benang jahit biasa yang perlu dicabut kalo udh sembuh hehe.

  81. Halo kak Sifa, aku mau sedikit nanya ni kak. Aku kebetulan hampir setahun juga operasi fam dan jahitannya yg langsung jadi daging. Bener kayak kakak bilang, kalau pas mau mens dan dlm periode mens ada rasa nyeri di PD nya. Tp apa kakak juga ngerasa ada daging keras di bawah jahitannya?? Karena aku ngerasa masih ada daging keras di bekas jahitannya dan di luar jahitannya timbul keloid. Dulu setelah operasi kata domternya itu wajar sih kak, katanya efek operasinya jadi numbuh jaringan baru. Menurut kakak gimana??

  82. Hallo lia, wahh berati kamu sudah operasi yaa, cepet sembuh yaa dan jangan lupa dijaga pola makan nya sering-sering minum yang herbal atau jus buah…
    nah untuk jenis jahitan yang langsung jadi daging memang seperti itu say, bekas jahitan nya timbul keloid dan iyaa aku juga sama ada daging keras di bekas jahitannya, kadang kalo aku lagi cek-cek payudara suka parno karna aku kira itu benjolan eh ternyata bekas jahitan hehe..
    dan menurut ku namanya bekas jahitan memang sperti itu bener apa yg dibilang dokter, apalagi kan kalau jenis jahitan seperti kita ini timbul keloid jadi menurut ku hal seperti itu sangat wajar.

  83. Halo kak sifa, sy mau nanya Pasca operasi fam apa masih ngerasa ada benjolan?
    Soalx aku udah hmpir 3 bulan pasca operasi fam benjolannya masih kerasa.

  84. Halo kak sifa, sy mau nanya Pasca operasi fam apa masih ngerasa ada benjolan?
    Soalx aku udah hmpir 3 bulan pasca operasi fam benjolannya masih kerasa. Wajar ngak sih kak?

  85. Saya jg tgl 18 april 2019 abis operasi payudara tp msh diobservasi krn infeksi atau tbc payudara, soalny ada benjolan di payudra awalny setelah di usg dan cek lab ada nanah di benjolan itu, dan setelah di operasi nanahny udh keras, pasca operasi payudra saya dijahit dan msh ada selang untuk ngeluarin darah kotor dipayudra, hari senin saya kontrol semoga hasil observasi ny bukan aneh2 ,,

  86. Hallo lela,
    pasca operasi fam aku si ga ngerasa benjolan masih ada hanya saja daging dlm payudara bekas operasi agak mengeras jadi kadang suka sekilas kaya benjolan padahal bukan… selagi yg kamu kira benjolan itu dan tdk gerak2 dan tdk spesifik ketika di pegang benjolan y si masih wajar say.

  87. Wahh ternyata efek operasi kita sama ya kak, aku sampai parno sendiri tiap ngeraba PD ada dahing agak keras gini. Sekarang gmn cara kakak jaga pola makan?? Boleh dong kak di share hehehe. Apa kakak masih makan2 junk food dan jajan2 di luar? Mengingat jajanan diluar kan banyak yg mengandung MSG. Jujur aku masih bingung buat jaga pola makan, tiap pergi keluar bingung mau makan apa krn ga tau apa yg bener2 aman dan ga aman untuk di konsumsi

  88. hehe iya say, yg dirasain kamu, aku pun merasakannya, cara aku jaga pola makan yang sehat, jangan terlalu sering makan makanan yang berlemak say, seperti gorengan dan teman-temannya, hehe sbenernya gak ada pantangan khusus kita tidak di perbolehkan makan sesuatu, junk food juga masih boleh cuman jangan keseringan atau berlebihan, sesekali aja boleh, yang penting seimbang antara protein, sayur2an buah2an, dan jangan lupa olahraga karna kan sbenernya kita bisa timbul benjolan itu karna hormon ekstrogen yang berlebih nah hormon estrogen berlebih salah 1 penyebab nya itu karna lemak, hindari makan2 kulit ayam, bebek, atau baso yang ada lemak nya itu loo, tapi emang sih justru itu bagian yg enak nya hehehe nah dengan olahraga kan kita bisa mengubah lemak2 dalam tubuh kita menjadi energi, makanya tubuh kita itu harus banyak gerak agar energi kita terpakai.

  89. hallo wida semoga kamu cepet sembuh yaa, untuk sementara sambil menunggu hasil aku saranin kamu sering2 minum minuman tradisional aja seperti ekstrak kulit manggis atau sejenisnya, btw aku denger nya ko agak ngeri ya say pake harus di pakein selang gitu.. tapi thanks banget loh udah share pengalaman nya disini karna aku jadi bisa tau ternyata semua kasus fam itu berbeda2.. semoga hasil y normal dan bagus ya say, semoga sehat selalu salam sehat dari aku..

  90. Hallo Mbak… Salam kenal saya fatma. Mbak… Maaf mau tanya dari pengalaman Mbak operasi Fam… Setelah operasi masih terasa sakit atau nyeri di tempat numbuhnya Fam gak? Sy dimabil fam nya februari 2018. Berarti udh 1 th lebih nih… Tp di tempat numbuhnya dl msh ngilu2 gitu sih cuma gak separah waktu ada fam nya. Sy jd parno takut kenapa2 lg Mbak… Tp dl hasil biopsi nya jinak sih

  91. iyaa hallo mba fatmawati, kalau nyeri2 sedikit si masih cuman nyeri nya pas lagi mau haid aja, setelah haid normal kembali atau pas ketika pakai bra yang terlalu kencang atau ngetat kadang suka sakit, tapi overall sih aman, emang karna kita udah mengalami itu jadi sering parno dan lebih hati2 tapi menurut ku malah bagus kalo kita suka parno artinya lebih peka dengan tubuh kita sendiri.

  92. Hallo ka sifa ,saya mau tanya 24 April kemarin saya abis operasi fam di PD kanan dan kiri saya , udah 2 kali kontrol ke dokter yg pertama tuh di bersihkan dan di ganti perban , terus 2 hari setelah kontrol yg pertama saya langsung kerja ka , satu hari setelah kerja itu ,di bagian PD sebelah kanan di perban nya ada kelihatan bekas cairan gitu ka ,saya panik dan langsung ke klinik dekat rmh untuk ganti perban ,kata dokter nya si tidak apa” wajar saja karena ini cairan bekas operasi nya ,tapi udah kontrol ke dua masih sama kaya kemarin ada bekas cairan gitu di perban nya ,kira” waktu itu kakak pernah gak setelah operasi perban nya ada bekas cairan ?

  93. Asalamualikum mba
    Saya habis operasi 6hari yg lalu belum ganti perban jga jdi blum tau bekas operasinya besar atau kecil.
    Cuma akrang suka gatel mba apa gapapa mba?.
    Pas buka jahitannya brapa lama mba?,sakit engga?
    Saya suka takut sndri mba

  94. haiii kak… trimakasih atas infonya
    saya tahun 2013 perna operasi fam di PD sblh kiri jg,, bekasnya sm seperti yg kk bilang. berbekas dan dibawahnya sprti ada daging keras
    namun itu bkn yg kd ketakutan saya.. sejak 6 bln lalu saya menemukan benjolan baru lagi di sblh kanan,,saya sdah periksa ke 2 dokter (dokter yg sama saat operasi tahun 2013 lalu) dg tenang dokternya memberikan pemikiran postive kpd saya, beliau bilang “tenang ini hanya fam” . namun entah kenapa,, ketakutan ini tetap ada..,, bahkan sejak saya temukan benjolan itu saya merasa seperti parno,,rasanya benjolannya tdk hanya satu. bahkan saya ketemu di PD sebelah kiri bagian bawahh, ada benjolan berbentuk pipih tpi bergerak(mobile)…
    padahal saya perna mengalami ini. tapi kenapa rasa takut n khawatirnya mash sangat terasa. dokter menyarankan untuk operasi.sy msh takut.

  95. wa.alaikum salam , kalau gatel gitu wajar ko aku juga yg udah sembuh total bekas nya masih suka gatel, makan nya sementara jangan dulu yang amis-amis atau yg bisa memicu gatel. aku ada seminggu pas buka jahitannya, engga sakit akrna kan langsung jadi daging.

  96. hallo pratiwi, kalau aku si ga ada muncul cairan apa2 ko, gapapa kerja tapi jangan dulu pake bra say, pake miniset aja yang gak terlalu menekan ke bekas jahitannya.

  97. Hallo ka sifa. Mkasih udh share pengalaman operasi tumor fam. Btw sy jg ad tumor fam ka kmrn skitaram akhir april sy usg pd, dn kta dokter radiologinya it fam ckup gde 2 cm:( smpe skrg sy tkut buat op kaa,sy tau ad bnjolan gt pd saat buat tugas akhir oktober 2018 mpe skrg blm ops krna tkut:( tp stlh bca artikel kaka jd mkin percaya diri buat op, trima kasi ya kaa dn doakan smga lncr ntr op nya. Aamiin

  98. Salam kenal ka,saya Irma,saya juga sama abis operasi FAM akhir Januari trus di jait nya 2 Minggu kemudian jd selama 2 Minggu itu luka payudara di sumpel pake kasa katanya sii supaya sisa” nanah nya itu bener” bersih Karna klo masih ada sisa bisa bikin infeksi benjolan lagi..

  99. Sy juga ada benjolan di kanan payudara saya, udh lama sih ngerasanya & pura2 bodoamat setelah itu. tapi makin kesini kok makin kepikiran & takut ini kenapa2. tapi setelah baca tulisan mba, saya inshaallah jadi berani periksanya. btw mau bisa minta alamat emailnya ga mba? ada sedikit yg mau saya tanyakan.

  100. haii salam kenal juga irma, wow udah lumayan lama jga yaahh … alhamdulillah kalo aku ga sampe ada nanah y say

  101. halo irma , sama.sama yaa senang bisa menginspirasi banyak orang… semoga kamu cepet sembuh yaa dan jangan takut untuk sehat yg lebih lama..

  102. haii yossi, maaf yaa baru bales… selagi benjolan kita hanya fam tdk akan kenapa2 ko, maka dari itu setelah operasi harus banyak2 makan sehat dan jangan sering makan yang berlemak say… banyakin makan sayur dan buah, jangan lupa olahraga…Jangan takut say kita ttep harus berjuang untuk sehat yang lebih lama.

  103. wa.alaikum salam nut aliah, iyaaa aku jga sama bahkan sampe skrg masih suka gatel ko… pas buka jahitan y aku ga sakit karna bukan yang jahitan yg harus diambil say..

  104. Hai ka. Aku mau tanya dong, benjolan fam itu kalau misal kita raba ngga kerasa gitu ngga sih? Tapi kalau tubuh ditekuk benjolannya mirip jerawat batu gitu ngga?
    Soalnya ada benjolan di ketiak aku, dan sungguh ini bikin parno banget. Agak takut buat periksa. Dan masih bingung ngenalin jenis2 benjolan.

  105. Hallo Rrzzwh, bukan say jadi benjolan nya tuh rasanya kaya sukro tapi tergantung ukuran sih,, sifat benjolan nya itu ketika dipegang tidak menetap dan bisa digerakan,,,

  106. Saya jugo selasa 25 juni mau operasi fam kak doa i ya . Saya takut banget sama operasi gimana operasi itu setelah saya baca artikel kk membuat saya jadi lebih berani menghadapi oprsi . Trmaksih ya .. saya mau tanya kak. Jahitan nya di lepas seperti jahitan biasa atau lepas sendiri kak seperti orang lahir? Termksh

  107. Hallo mega, kembali kasih yaa say, harus bisa semangat dan berani berjuang untuk sehat yang lebih lama yaahh…kalahin rasa takut itu say.. kalo aku sih soal jahitan lepas sendiri say ga diapa2in tau2 copot sendiri.

  108. halo fafa, iya untuk biaya operasi itu berbeda tergantung seberapa besar bejolan kita dan seberapa banyak jahitan yang diperlukan say. Tapi aku saranin kamu pake BPJS aja biar ga mengeluarkan banyak biaya.

  109. Halo Kak, aku jg merasakan ada benjolan di bawah kulit PD kiri aku. Awalnya emg kerasa nyeri gitu gak Kak? Tapi bukan nyeri yg hebat, nyeri yg sbntr hilang gitu Kak? Mau periksa tapi masih cari dokter yg cocok. Aplg baru masuk tmpt kerja baru jadi agak sungkan kalo mau ijin untuk operasi. Kira2 biopsi benjolan setelah operasi berapa lama Kak? Untuk mendiagnosa ITU FAM atau bukan?

  110. Hallo stella, jadi begini say untuk mendeteksi benjolan itu FAM atau bukan, tidak mesti harus di biopsi.
    Bisa di raba dan dibedakan dari jenis benjolan nya apakah benjolan tersebut menetap atau dapat digerakan, dan bisa juga di dukung dengan pemeriksaan mamografi, usg dll. Dengan pemeriksaan tersebut dokter sudah akan bisa mendiagnosa itu adalah fam. Nah untuk memastikan lagi dan menghindari tumbuh nya benjolan tersebut ya dioperasi sekalian nanti benjolan tersebut di cek di lab, patologi anatomi apakah benjolan tersebut jinak atau ganas, tapi sejauh ini si kalau kita bisa deteksi sejak dini pasti hasil nya selalu jinak say. jadi jangan hawatir yaa semua bisa di hindari jika cepat kita tangani, oiya dan 1 lagi yang terpenting itu bukan lah apakah benjolan itu FAM atau bukan, tapi benjolan tersebut ganas atau jinak itu yg perlu dihawatirkan say.

  111. Hallo mba sifa, saya annisa juga sebulan yg lalu di diagnosa ada benjolan FAM di payudara kiri, sekarang lagi mau konsultasi di rumah sakit buat usg, kira2 biasanya mba minum atau makan ramuan herbal ga pasca operasi? Biasanya FAM itu karena apa ya?

  112. Hallo annisa, hemm kalo aku sih pasca operasi engga lagi minum herbal say… cukup jaga pola makan aja yang baik,dan untuk penyebab pastinya fam belum diketahui secara spesifik tapi itu karena hormon estrogen berlebih, biasanya hormon estrogen berlebih karena dari pola hidup kita yang tidak sehat.

  113. Oke siap kak, aku juga mau sharing lagi nih, awalnya aku di diagnosa fam itu dari dokter di puskesmas kecamatan terus buat lebih lanjut dirujuk ke salah satu RS di jaksel karna aku juga pake bpjs.

    Nah ketika aku dateng ke rs rujukan ini yg pertama kali aku datengin itu dokter bedah, pas udah di cek iya ini emang ada benjolan, terus dokter cuma kasih aku pertanyaan mau di ambil atau engga, disitu aku bingung karena aku kira bakal di usg dulu atau gimana kan

    Pas aku tanya ini kenapa ga di usg atau mamografi dulu. Jawaban dokternya aku ga perlu usg karena emang benjolan nya udah berasa di payudara kiri. Selanjutnya aku disuruh cek darah sama rontgen dulu abis itu ke dokter penyakit dalam buat mastiin aku siap di operasi atau engga. Kalo udah siap balik lagi ke dokter bedah buat cari jadwal.

    Kalo kaya gini aku nyoba ke rs lain ga ya kak syifa? Buat mamografi atau usg di tempat lain karna aku juga kaya kurang dapet penjelasan dari dokter bedah ini mungkin karna bpjs atau gimana ya

    Sebelumnya terima kasih banyak atas berbagi pengalaman operasi fam ini kak syifa hehe

  114. iyaa say, waktu aku usg itu ke dokter penyakit dalam di RS ridwan meuraksa aku berbayar ga pake BPJS makanya dokter nyaranin aku USG, kalo waktu ke penyakit dalam yg pertama kali pake BPJS aku jga disaranin buat USG sih cuman yaa, gatau dokter bedah y nyaranin atau engga, ya maklum lah ya bpjs kan gitu… makanya aku pake umum ke RS Ridwan meuraksa… ga abis sampe 500 ribu ko say 300an kalo ga salah aku waktu itu, 200 nya USG sisanya bayar dokter. Aku saranin sih kamu mending USG dulu aja, karna pas operasi pun butuh itu. Memang si dokter tuh ga butuh usg dulu untuk menentukan itu benjolan fam atau bukan karna mungkin dia udah banyak nanganin kasus begitu, cuman kalo kamu mau mastiin kamu bisa pake umum untuk minta di USG dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *