motivasi hidup
PERSONAL LIFE

Motivasi Hidup yang Perlu Diterapkan Sehari Hari

Motivasi Hidup yang Perlu Diterapkan Sehari hari – Seringkali kita mendengar kata Motivasi. Sama hal nya dengan yang pernah saya tulis sebelumnya tentang motivasi intrinsik. Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai suatu tujuan.

Dalam motivasi hidup ada beberapa hal yang memang kita perlu tanamkan dan terapkan dikehidupan sehari-hari yaitu:

1. Fokus Terhadap Diri Sendiri

Fokus terhadap diri sendiri itu jauh lebih penting dibandingkan kita terlalu sibuk mengurusi tentang orang lain, lagi pula pada prinsip nya kita tidak perlu mengurusi hal-hal yang tidak ada duitnya, loh ko terkesan matre ya? tapi memang benar salah satu nya ya mengurusi hidup orang lain.

Ada lebih baiknya kita sibuk mengurusi hal-hal yang memang membuat kita lebih produktif daripada mengurusi atau mencampuri urusan orang lain. Jika kita sibuk mengurusi pekerjaan, kita bisa mendapatkan uang banyak dan karier cemerlang, fokus mengembangkan diri. Namun jika sibuk dengan kehidupan orang lain, yaa tidak akan menghasilkan apa-apa. Lebih baik jadi Workaholic kan, daripada harus jadi orang kepo.

2. Hilangkan Penyakit Hati yang Bersarang

Mulailah menata kehidupan pribadi yang jauh lebih baik. Motivasi hidup kita dengan mencari pekerjaan berkualitas, menata penampilan, hidup sehat, menjalin hubungan baik dengan lawan jenis, menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat.

Kita boleh mengomentari atau menasehati seseorang yang menurut sudut pandang kita salah. Namun harus dengan cara yang baik dan benar berikan komentar yang sifatnya membangun, jangan memberikan komentar yang menjatuhkan atau sampai timbul judgement.

Lebih baik kita memotivasi hidup dengan hal-hal yang positif, tidak perlu mengurusi masalah yang tidak ada hubungan nya dengan diri kita. Karena tidak semua isi kepala kita sama, saling menghargai pendapat orang lain meskipun pendapat tersebut tidak sejalan dengan pemikiran kita.

Baca Juga:  Votre Peau Vitamin C Serum and Make Up Remover Review

3. Hidup Sekedarnya Jangan Berlebihan

Apapun yang kita jalani di dunia ini harus sekedarnya, perduli sekedarnya, menasehati sekedarnya, berkomentar sekedarnya, kita harus bisa dan lebih menghargai perasaan orang lain, atau perasaan lawan bicara kita, apalagi bicara dengan orang terdekat. Jangan hanya karena 1 (satu) penilaian buruk lantas menghilangkan semua sisi baik dari orang tersebut.

Sudahlah, ada lebih baiknya kita hanya sekedar mengetahui tanpa perlu mendalaminya terlalu jauh. Terkadang kita perlu mendewasakan diri dalam menilai sesuatu, dan diam adalah cara terbaik dalam menghadapi masalah. Jangan sampai mulut atau perkataan kita menyakiti perasaan orang lain. Toh terkadang kita harus sadari bahwa hidup kita sendiri pun belum tentu lebih baik dari hidup orang yang kita komentari.

4. Menyibukan Diri Dengan Hal-Hal Positif

Menyibukan diri dengan hal-hal yang positif bahkan jauh lebih baik dibanding kita terus sibuk mengomentari tentang hidup orang lain, bekerja dan berkembanglah sebab hanya diri sendiri yang dapat mengubah hidup ke arah yang lebih baik, bukan lah orang lain. Hidup ini terlalu berharga jika hanya untuk mengurusi perihal orang lain, perihal pribadi orang lain yang kita tidak pernah tau persis bagaimana kondisinya. Jangan hanya karena kita merasa diri kita benar lantas mengganggap diri orang lain salah.

5. Film Motivasi Hidup

  • Million Dollar Baby (2004)
  • Dead Poets Society (1989)
  • The Blind Side (2009)
  • The Pursuit of Happyness (2006)
  • The Station Agent (2003)
  • The Billionaire (2011)

6. Kata-Kata Motivasi Hidup

Jika kau tak suka sesuatu, ubahlah !
Jika tak bisa, maka ubahlah cara pandangmu tentangnya..

Maya Angelou

Jangan mengawasi orang lain, jangan mengintai geraknya, jangan membuka aibnya, jangan menyelidikinya. Sibuklah dengan diri kalian, perbaiki aibmu karena kamu akan ditanya Allah tentang dirimu, bukan tentang orang lain.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a

Hidupmu terbatas, jangan membuang waktumu dengan mengikuti hidup orang lain.

Steve Jobs

Yang buruk tidaklah akan selalu menjadi buruk, namun yang buruk pun bisa menjadi jauh lebih baik dimasa yang akan datang, berusahalah berubah meskipun hanya 0,01% setiap harinya.

Sifa Fauziah

Hal yang bisa menyerang dan mematikan kebahagiaan anda adalah terlalu mengurusi privasi orang lain, sehingga lupa akan privasi diri sendiri

Ustadz Firanda Andirja

7. Motivasi Hidup Sukses

Menurut Bapak Oni Arif Benyamin, beliau adalah orang yang pernah saya temui di Gedung MPR/DPR RI pernah menyampaikan kalimat yang sangat sederhanya namun hal tersebut dapat menjadi motivasi hidup yang paling berharga yaitu 4B:

  • Berkemampuan
  • Berhubungan Baik
  • Bertanggung Jawab
  • Bekerja Keras
Baca Juga:  Motivasi Intrinsik - Contoh Indikator dan Pengertiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *