metode penelitian kualitatif
KNOWLEDGE

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Borg and Gall (1989) mengungkapkan beberapa nama metode penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian kuantitatif disebut sebagai metode tradisional, positivistik, scientific, confirmatory, kuantitatif. Sedangkan metode kualitatif sering disebut sebagai metode baru, postpositivistic, discovery, interpretive dan kualitatif. Nama kedua metode tersebut yang paling banyak digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

1. Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

1.1 Pengertian Kualitatif

Metode kualitatif dinamakan sebagai metode baru, karena popularitasnya belum lama, dinamakan metode postpositivistik karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode ini disebut juga sebagai metode artistik, karena proses penelitian lebih bersifat seni (kurang terpola), dan disebut sebagai metode intepretive karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan dilapangan. Untuk selanjutnya dalam metode ini kedua metode ini disebut metode kualitatif dan kuantitatif.

1.2 Pengertian Kuantitatif

Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk penelitian. Metode ini disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme.

Metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.

2. Jenis Jenis Metode Penelitian

Jenis jenis metode penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan, tujuan, dan tingkat kealamiahan obyek yang diteliti. Berdasarkan tujuan, metode penelitian dapat diklasifikasikan menjadi penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian pengembangan. Selanjutnya berdasarkan tingkat kealamiahan, metode penelitian dapat dikelompokan menjadi metode penelitian eksperimen, survey dan naturalistik.

Baca Juga:  Motivasi Intrinsik - Contoh Indikator dan Pengertiannya

3. Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

Untuk memahami metode kualitatif dan kuantitatif secara lebih mendalam, maka harus diketahui perbedaannya. Perbedaan tentang aksioma, karakteristik penelitian dan proses penelitian itu sendiri.

3.1 Pengertian Aksioma

Aksioma adalah pandangan dasar. Aksioma penelitian kualitatif dan kuantitatif meliputi aksioma tentang realitas, hubungan peneliti dengan yang diteliti, hubungan variabel, kemungkinan generalisasi, dan peranan nilai.

3.2 Karakteristik Penelitian

Karakteristik penelitian kualitatif menurut Bogdan and Biklen (1982) adalah seperti berikut:

  • Dilakukan pada kondisi yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen), langsung ke sumber data dan peneliti adalah instrumen kunci.

  • Penelitian kualitatif lebih bersifat deskriftif. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekan pada angka.

  • Penelitian kualitatif lebih menekan pada proses daripada produk atau outcome.

  • Penelitian kualitatif melakukan analisis data secara induktif.

  • Penelitian kualitatif lebih menekankan makna (data dibalik yang teramati).

3.3 Proses Penelitian

Perbedaan antar metode penelitian kualitatif dan kuantitatif juga dapat dilihat dari proses penelitian. Proses dalam metode penelitian kuantitatif bersifat linier dan kualitatif berdasarkan sirkuler.

4. Kesimpulan

Diatas adalah beberapa materi perihal metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, jika ada hal yang perlu diketahui perihal indikator bisa dilihat tentang Pengertian Kompensasi Dan Indikator Kompensasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *